JENJANG KARIR SEORANG PENDIDIK



Judul: Jenjang Karir Seorang Pendidik
Penulis: Muhammad Amin.

PENDAHULUAN
            Guru sangat berperan dan berpengaruh dalam proses pembelajaran di Sekolah. Guru tidak hanya menjadi pengajar, pelatih, atau pengasuh. Tetapi lebih guru berperan sebagai fasilitator dan konsultator yang sifatnya dapat saling melengkapi antara satu sama lain.
            Guru yang profesional ialah guru yang dapat menjalankan tugasnya baik di dalam kelas yang mampu menciptakan suasana yang kondusif, efektif, kreatif dan suasana yang demokratis. Yang demikian ini proses pembelajaran tidak terpacu pada aspek formal, tetapi pembelajarannya bisa lebih berkembang, karena guru mampu menciptakan suasana yang sifatnya membangun atau memiliki banyak ide dan berinisiatif untuk memulai sesuatu yang dapat memperbaiki situasi dan kondisi.

PEMBAHASAN
            Karir guru adalah sesuatu hal yang mutlak dilakukan untuk mendapatkan rasa nyaman dan puas bagi guru itu sendiri. Diantaranya salah satu faktor yang dapat merangsang keprofesionalan seorang guru ialah adanya kejelasan pada jenjang karirnya.
Dalam hal untuk mendapatkan karir tersebut, seorang guru tidak mungkin langsung berada pada titik puncak. Tetapi harus melalui beberapa tahap-tahap tertentu. Para guru dapat mencapai karir tersebut sesuai dengan kemampuan, disiplin, kerja keras dan komitmennya. :
1.      Adanya perkembangan kapasitas sikap, minat dan kebutuhan.
2.      Adanya pilihan, tetapi pilihan ini lebih dipersempit tetapi tidak final.
3.      Tahap coba-coba yang diambil melalui pengalaman kerja.
4.      Penyesuaian secara terus menerus guna mningkatkan posisi dan situasi kerja
5.      Tahap pertimbangan pra pension keluar kerja dan pension.
Jenjang karir sangat diharapkan ada dan jelas karena jika adanya jenjang karir yang jelas nantinya akan melahirkan kompetisi yang baik, sehat, terukur, dan terbuka. Hal ini nantinya akan memacu semangat pada setiap individu untuk lebih bisa mengembangkan pengetahuan dan dapat berkarya maupun berbuat baik.
Jenjang karir yang jelas dapat memacu semangat pada guru agar lebih dapat meningkatkan kualitas dirinya sesuai dengan bidang keahlian agar dapat dikatakan sebagai guru yang professional. Bila guru mampu mengekspresikan dan mengaktualisasikan dirinya maka ia akan bekerja dengan rasa senang dan nyaman tanpa memiliki rasa khawatir ataupun gelisah.
Di samping itu, jika guru mampu mengembangkan pengetahuannya, maka akan timbul komitmen untuk selalu memperbaharui ilmu pengetahuan yang dikuasainya selama ini. Dengan demikian, jika adanya pemberian jenjang karir ini tentu sangat mempengaruhi terhadap kualitas dan keprofesional seorang guru di bidangnya masing-masing.


SIMPULAN
Karir guru adalah sesuatu hal yang mutlak dilakukan untuk mendapatkan rasa nyaman dan puas bagi guru itu sendiri. Diantaranya salah satu faktor yang dapat merangsang keprofesionalan seorang guru ialah adanya kejelasan pada jenjang karirnya. Jenjang karir sangat diharapkan ada dan jelas karena jika adanya jenjang karir yang jelas nantinya akan melahirkan kompetisi yang baik, sehat, terukur, dan terbuka.
SUMBER REFERENSI
Ondi Saondi, Sobarudin. 2015. “Konsep-konsep menjadi sekolah unggul”. Yogyakarta: Cv. Budi Utama.
Suteja, Jaja. 2013.  Etika Profesi Keguruan”. Yogyakarta: Cv. Budi Utama

Comments

Popular posts from this blog

8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

USAHA-USAHA PENGEMBANGAN GURU SEBAGAI TENAGA PENDIDIK

PERUBAHAN PENDIDIKAN UPAYA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA