TANTANGAN SEORANG GURU DALAM MENGAJAR

Judul: Tantangan Seorang Guru
Penulis: Muhammad Amin.

PENDAHULUAN
Guru merupakan sebuah profesi yang diemban oleh seorang pendidik untuk mencerdaskan anak bangsa dan juga sebagai pengantar sebuah keilmuan. Tugas utama guru ialah harus mendidik, mengajar, mengajar, membimbing, menilai, mengarahkan, mengevaluasi peserta didik.
Guru mempunyai tantangan tersendiri untuk mengajar, banyak yang dilalui seorang guru tahapan demi tahapan yang dilalui untuk mencerdaskan anak-anak bangsa sebagai penerus tombak bangsa ini khususnya.
PEMBAHASAN
Menjadi seorang pendidik atau guru tidak lah mudah didalam melaksanakan tugasnya. Dengan  banyak nya tantangan guru didalam pendidikan  maka semakin banyak pula tantanga guru didlam mengajar siswa. Untuk menjadi guru yang profesional pun tidaklah mudah banyak ketentuan-ketentuan.
Berikut tantangan guru dalam pembelajaran diantaranya:
Tantangan guru Administrasi
Di era sekarang ini guru banyak mendapatkan tugas yang tidak sesuai dengan kemampuannya khususnya di bagian administrasi. Diadministras ini ini guru mempunyai tantangan yaitu dengan banyaknya perangkat yang dibebankan kepada guru. Tantangan selanjutnya yaitu guru masuk dalam jam-jam yang tidak perlu seperti masuk dijam 07:00 dan pulang pada jam 15:00 hal ini sangat memberatkan seorang guru. Tantangan yang berikutnya yaitu guru untuk naik pangkat memiliki syarat-syarat yang berbelit-belit. Tantangan selanjutnya disaat guru sedang libur ada saja yang memaksanya untuk bekerja.
Tantangan Profesionalisasi jabatan Guru
Keprofesionalan seorang guru amat penting tidak lah terwujud sebuah keprofesionalan galau guru mengeluarkan sebuah asumsi bahwa guru adalah jabatan atau pekerjaan saja. Ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru menyangkut keprofesionalannya dalam proses pembinaan diri menuju tenaga pendidik yang ideal, antara lain meliputi : Tantagan  pendidikan memili kode etik, Tantangan secara perorangan atau kelompok, Tantangan bidang layanan keahlian.
Tantangan guru PAI
Pendidikan  agama merupakan adaah sebuah usaha untuk memperkuat ukhuah islamiah dalam hal pendidikan. pendidikan agama islam ini adalah sebuah proses usaha sadar yang dilakukan guru untuk memberikan dan menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memahami, dan mengamalkan agama islam. Banyak sekali tantangan yang dihadapi guru PAI diantaranya, tantangan internal dan tantangan eksternal.
1.      Tantangan Internal meliputi
a.       Guru PAI bersifat eksllusif.
b.      Materi pelajaran yang masih bersiafat dasar.
c.       Kurang nya diperkaya dengan metode dan pendekatan baru.
2.      Tantangan Eksternal
a.       Semakin maretanya pengetahuan agama.
b.      Semakin kuat nya pengaruh sain dan teknologi.
c.       Meningkatkan keimanan dan ketakwaan yang telah diterima dari keluarganya.
SIMPULAN
Menjadi seorang pendidik atau guru tidak lah mudah didalam melaksanakan tugasnya. Dengan  banyak nya tantangan guru didalam pendidikan  maka semakin banyak pula tantanga guru didlam mengajar siswa.
Berikut tantangan guru dalam pembelajaran diantaranya, Tantangan guru Administrasi, Tantangan Profesionalisasi jabatan Guru, Tantangan guru PAI.
SUMBER REFERENSI
http://zainalzainalmasri.blogspot.com/2013/11/tantangan-guru-dalam-pembelajaran.html
Grafura, Lubis dan Wujayanti, Ari. Spirit Pedagogi di Era Disrupsi, Laksana, Yogyakarta, 2019, cet. 1


Comments

Popular posts from this blog

8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

USAHA-USAHA PENGEMBANGAN GURU SEBAGAI TENAGA PENDIDIK

PERUBAHAN PENDIDIKAN UPAYA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA